Pertemuan BPD

Badan Permusyawar atan Desa (BPD) Desa Kasimpar Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan menyelenggarakan Pekan penyerapan Aspirasi dan Pengaduan Masyarakat. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai tanggal 20 Agustus sampai 10 September 2019. Serap aspirasi dilakukan dalam rangka menjalankan tugas dan fungsi BPD sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Hasil dari penyerapan Aspirasi dan Pengaduan Masyarakat nantinya akan disampaikan kepada pemerintah desa Kayupuring sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa.

Sebelum pelaksanaan pekan aspirasi, BPD Desa Kasimpar menyelenggaran launching dan sosialisasi mekanisme penyerapan aspirasi dan pengaduan yang dikelola oleh BPD. Launching tersebut dilakukaan pada tanggal 21 Agustus 2019 di Aula Balaidesa Kasimpar dan dihadiri oleh Kedutaan Besar Unit Manager Human Development Sector Dari Department Of Foreign Affairs And Trade (DFAT) Australia, Astrid Kartika.

Ketua BPD Kasimpar, Rasmani menyampaikan bahwa BPD Kasimpar telah membuat Rumah Aspirasi yang bertempat di Rumah Anggota BPD di masing-masing dukuh di Desa Kasimpar. “Selain Rumah Aspirasi, BPD Kasimpar juga membuka Posko Aspirasi yang bertempat di Kantor Balaidesa Kasimpar.” ujarnya. Harapannya masyarakat dapat menyampaikan aspirasinya ke tempat-tempat yang telah disediakan.

Dalam pelaksanaanya, BPD Kasimpar berhasil menggali sebanyak 51 aspirasi dan aduan masyarakat. Jumlah tersebut disampaikan oleh BPD Kasimpar saat menyelenggarakan Musyawarah Desa (Musdes) khusus untuk membahas tindaklanjut hasil aspirasi dan aduan.

Lebih lanjut, untung menjelaskan bahwa aspirasi dan aduan yang disampaikan oleh masyarakat antara lain tentang Pemerintah Desa, Adminduk, KTP, Pembangunan Infrastuktur, Sosial dan Budaya, Sanitasi, Kesehatan, Pendidikan, Ekonomi Desa, Pertanian, Kepemudaan, Sarana Olahraga, Pemberdayaan Masyarakat, Pembinaan Kemsyarakatan, Lingkungan Hidup, Difabel, Saluran Air Bersih, Gedung PAUD/TPQ, MCK, Lampu Jalan, Bantuan, Inventaris Desa, RTLH, Irigasi, BPJS, Keamanan, Kartu Kajen Cerdas (KKC) dan Tower.

Saat Musdes, disepakati beberapa hal berkaitan dengan tindak lanjut hasil aspirasi dan aduan. Adapun hasil kesepakatannya adalah 7 (tujuh) aspirasi dan aduan diselesaikan secara langung, 30 aspirasi dan aduan diakomodir dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa Tahun 2020,sisa aspirasi dan aduan dianggarkan dalam Anggaran Pendapan dan Belanja Desa (APB Desa) Desa Tahun Anggaran 2020,

Kegiatan Pekan penyerapan Aspirasi dan Pengaduan Masyarakat yang dilaksanakan oleh BPD merupakan serangkaian kegiatan dalam program “Desa Melek Anggaran untuk Pembangunan Desa yang Inklusif dan Responsif Gender” di Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan yang dilakukan oleh Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) bekerjsama dengan Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK) atas dukungan DFAT Australia.

Program tersebut juga dilakukan di desa dampingan FITRA yang lain seperti di Desa Gumelem dan Desa kayupuring Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan.(admin)